Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 SERTIFIKAT YANG DIBUTUHKAN UNTUK KERJA DI KAPAL TANKER

rekrutmen bumn, kepanjangan boct, kepanjangan act, kepanjangan aot kepanjangan blgt, kepanjangan algt, sertifikat boct adalah, diklat BOCT, sertifikat ACT adalah, diklat ACT, sertifikat AOT adalah, diklat AOT, sertifikat blgt adalah, diklat BLGT, sertifikat algtt adalah, diklat ALGT persyaratan boct, Apa Itu Sertifikat BOCT?, harga sertifikat boct, biaya diklat BOCT, persyaratan boct, sertifikat BOCT adalah, Apa Itu Sertifikat BOCT?, persyaratan act, sertifikat ACT adalah, Apa Itu Sertifikat ACT?, persyaratan aot, sertifikat AOT adalah, Apa Itu Sertifikat AOT?, persyaratan blgt, sertifikat BLGT adalah, Apa Itu Sertifikat BLGT?, persyaratan ALGT, sertifikat ALGT adalah, Apa Itu Sertifikat ALGT?, Apa saja sertifikat kapal tanker?, sertifikat pelaut, 5 SERTIFIKAT YANG DIBUTUHKAN UNTUK KERJA DI KAPAL TANKER

Sertifikat yang Dibutuhkan Jika Ingin Berkarir di Kapal Tanker

 

        Kapal tanker adalah kapal yang didesain secara khusus untuk memuat cargo cair atau bahan bakar minyak. Kapal tanker mempunyai beberapa jenis seperti Cemical Tanker, oil product Tanker, Gas tanker dan masih banyak jenis lainnya. Untuk bekerja di kapal Tanker tentu mempunyai resiko yang lebih tinggi dibanding di kapal-kapal jenis lainnya, hal itu disebabkan oleh cargo kapal tanker adalah jenis muatan yang beracun, mudah terbakar dan berbahaya. Meskipun mempunyai resiko yang besar bukan berarti bahwa crew atau pekerja di kapal tanker sudah pasti akan mendapat bahaya atau resiko yang tinggi, karena bekerja di kapal tanker harus selalu memperhatikan setiap ketentuan atau prosedur secara baik dan benar agar supaya terhindar dari kemungkinan resiko-resiko yang berbahaya.

        Demi meminimalkan kejadian atau mencegah terjadinya potensi atau resiko berbahaya dan merugikan diri pekerja di atas kapal tanker maka setiap crew yang akan bekerja di atas kapal tanker harus dibekali dengan keterampilan dan latihan-latihan khusus, pelatihan tersebut didapatkan pada saat diklat pengambilan sertifikat pelaut yakni pengambilan sertifikat yang khusus digunakan untuk bekerja di atas kapal tanker.

        Lalu sertifikat-sertifikat apa saja yang harus disiapkan dan dimiliki oleh para pelaut jika ingin bekerja di atas kapal Tanker. Berikut pembahasannya.

1. Basic Training for Oil and Chemical Tanker Cargo Operation Disingkat BOCT

BOCT singkatan dari Basic Training for Oil and Chemical Tanker Cargo Operation adalah sertifikat dasar yang wajib dimiliki oleh setiap crew atau pekerja di atas kapal tanker baik crew deck maupun crew engineer. Karena pelatihan ini merupakan sertifikat dasar sehingga wajib dimiliki oleh setiap crew mulai dari cadet, Oiler, AB, Perwira dan Nahkoda Kapal. Apa Itu Sertifikat BOCT? Sertifikat ini merupakan persyaratan dalam mengambil sertifikat AOT dan sertifikat ACT. Jadi para pelaut tidak dapat mengikuti atau mengambil diklat AOT dan diklat ACT jika belum mempunyai Sertifikat BOCT.

Harga Sertifikat BOCT dan Persyaratan Pendaftaran Diklat BOCT

Biaya untuk mengambil sertifikat BOCT atau mengikuti diklat BOCT tentu berbeda-beda di setiap kampus atau lembaga diklat namun perbedaannya tentu tidak jauh berbeda selisihnya. Sesuai dengan pengalaman pribadi, pada saat mengikuti diklat BOCT di salah satu lembaga diklat biayanya adalah Rp. 1.350.000.- (Satu juta tiga ratus lima puluh ribu rupiah) pada tahun 2020.

Untuk Persyaratan pendaftaran BOCT sebagai berikut.

  1. Usia minimal 16 Tahun 
  2. Foto copy KTP/SIM/Kartu Keluarg 
  3. Foto copy Ijazah terakhir 
  4. Foto copy sertifikat BST 
  5. Surat keterangan Kesehatan 
  6. Kwitansi Pembayaran

2. Advanced Training For Oil Tanker Cargo Operation (AOT)

Kepanjangan dari AOT adalah Advanced Training For Oil Tanker Cargo Operation, merupakan sertifikat tingkat lanjut dari sertifikat BOCT, sertifikat Advanced Training For Oil Tanker Cargo Operation harus dimiliki oleh setiap perwira di atas kapal tanker baik itu perwira engine maupun perwira deck. Dan Untuk Cadet, Oiler dan AB biasanya tidak diwajibkan memiliki sertifikat ini.

Biaya dan Persyaratan Pendaftaran Diklat AOT

Biaya untuk mengambil sertifikat AOT atau mengikuti diklat AOT tentu berbeda-beda di setiap kampus atau lembaga diklat namun perbedaannya tentu tidak jauh berbeda selisihnya. Sesuai dengan pengalaman pribadi, pada saat mengikuti diklat AOT di salah satu lembaga diklat biayanya adalah Rp. 1.325.000.- (Satu juta tiga ratus dua puluh limu ribu rupiah) pada tahun 2020.

Persyaratan Pendaftaran AOT adalah sebagai berikut.

  1. Usia minimal 16 Tahun 
  2. Foto copy KTP/SIM/Kartu Keluarga 
  3. Foto copy Ijazah terakhir 
  4. Foto copy BST 
  5. Foto copy sertifikat BOCT 
  6. Foto copy masa layar 
  7. Foto copy buku pelaut 
  8. Surat keterangan Kesehatan 
  9. Kwitansi Pembayaran

3. ACT (Advanced Training for Chemical Tanker Cargo Operation)

Kepanjangan dari ACT adalah Advanced Training for Chemical Tanker Cargo Operation merupakan Sertifikat yang wajib dimiliki oleh setiap crew kapal tanker chemical mulai dari AB, Oiler, Perwira dan Nahkoda kapal Tanker.

Biaya dan Persyaratan Pendaftaran Diklat ACT

Biaya untuk mengambil sertifikat ACT atau mengikuti diklat ACT tentu berbeda-beda di setiap kampus atau lembaga diklat namun perbedaannya tentu tidak jauh berbeda selisihnya. Sesuai dengan pengalaman pribadi, pada saat mengikuti diklat ACT di salah satu lembaga diklat biayanya adalah Rp. 1.315.000.- (Satu juta tiga ratus lima belas ribu rupiah) pada tahun 2020.

Persyaratan pendaftaran ACT adalah sebagai berikut.

  1. Usia minimal 16 Tahun 
  2. Foto copy KTP/SIM/Kartu Keluarga 
  3. Foto copy Ijazah terakhir 
  4. Foto copy BST 
  5. Foto copy sertifikat BOCT 
  6. Foto copy masa layar 
  7. Foto copy buku pelaut 
  8. Surat keterangan kesehatan 
  9. Kwitansi Pembayaran

4. BLGT (Basic for Liquified Gas Tanker Cargo Operation)

Kepanjangan dari BLGT adalah Basic for Liquified Gas Tanker Cargo Operation merupakan sertifikat yang wajib dimiliki oleh crew jika ingin berkarir di kapal tanker gas. Sertifikat BLGT ini juga merupakan sertifikat basic atau sertifikat dasar dari pada sertifikat ALGT. Sehingga jika ingin mengambil sertifikat ALGT atau mengikuti diklat ALGT maka terlebih dahulu harus memiliki sertifikat BLGT.

Biaya dan Persyaratan Pendaftaran Diklat BLGT

Biaya untuk mengambil sertifikat BLGT atau mengikuti diklat BLGT tentu berbeda-beda di setiap kampus atau lembaga diklat namun perbedaannya tentu tidak jauh berbeda selisihnya. Sesuai dengan pengalaman pribadi, pada saat mengikuti diklat BLGT di salah satu lembaga diklat biayanya adalah Rp. 1.350.000.- (Satu juta tiga ratus lima puluh ribu rupiah) pada tahun 2020.

Persyaratan pendaftaran BLGT adalah sebagai berikut.

  1. Usia minimal 16 Tahun 
  2. Foto copy KTP/SIM/Kartu Keluarga 
  3.  Foto copy Ijazah terakhir 
  4. Foto copy BST 
  5. Foto copy sertifikat BOCT 
  6. Foto copy masa layar 
  7. Foto copy buku pelaut
  8. Surat keterangan kesehatan 
  9. Kwitansi Pembayaran

 5. Advanced Training for Liquified Gas Tanker Cargo Operation Disingkat ALGT

Kepanjangan dari ALGT adalah Advanced Training for Liquified Gas Tanker Cargo Operation merupakan sertifikat lanjutan dari diklat BLGT yang diperuntukkan untuk crew di kapal tanker Gas.

Biaya dan Persyaratan Pendaftaran Diklat ALGT

Biaya untuk mengambil sertifikat ALGT atau mengikuti diklat ALGT tentu berbeda-beda di setiap kampus atau lembaga diklat namun perbedaannya tentu tidak jauh berbeda selisihnya. Sesuai dengan pengalaman pribadi, pada saat mengikuti diklat ALGT di salah satu lembaga diklat biayanya adalah. Rp. 1.365.000.-(Satu juta tiga ratus enam puluh lima ribu rupiah) pada tahun 2020.

Persyaratan Pendaftaran Diklat ALGT adalah sebagai berikut

  1. Usia minimal 16 Tahun 
  2. Foto copy KTP/SIM/Kartu Keluarga 
  3. Foto copy Ijazah terakhir 
  4. Foto copy BST 
  5. Foto copy sertifikat BLGT 
  6. Foto copy masa layar 
  7. Foto copy buku pelaut
  8. Surat keterangan kesehatan 
  9. Kwitansi Pembayaran

 

 

 

Nah, Demikian artikel yang berjudul 5 SERTIFIKAT YANG DIBUTUHKAN UNTUK KERJA DI KAPAL TANKER. semoga teman2 yang belum bekerja cepat mendapat pekerjaan. dan jangan lupa tetap pantau rekrutmen bumn. Stay tune terus di website kami www.safety-marine.com   Salam satu JAngkar!!! 

Posting Komentar untuk "5 SERTIFIKAT YANG DIBUTUHKAN UNTUK KERJA DI KAPAL TANKER"