Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

ECHOSOUNDER DI KAPAL | 9 CARA KERJA ECHOSOUNDER

 

echosounder adalah, echo sounder adalah alat untuk mengukur, fungsi echosounder di kapal, Apakah fungsi dari echosounder di kapal?, jenis-jenis echosounder, Getaran jenis apa yang dipancarkan oleh transducer perum gema?, Bagaimana cara kerja echosounder?, echosounder kapal, fungsi transducer pada echo sounder, cara kerja echosounder, echosounder digunakan untuk, Apa kegunaan dari echosounder?, Apa yg dimaksud dengan echosounder?, bagian bagian echosounder, Jelaskan secara rinci apa itu Echo Sounder dan fungsinya?, ECHOSOUNDER DI KAPAL | 9 CARA KERJA ECHOSOUNDER, hari pendidikan nasional, catatan hari pendidikan nasional, selamat hari pendidikan nasional

Echo Sounder Adalah

 

Echo Sounder merupakan peralatan yang dipakai untuk mengetahui kedalaman laut antara lunas kapal (Bagian terbawa dari kapal) dengan dasar laut. Peralatan ini dipakai pada saat kapal berlayar diperairan dangkal atau perairan yang memiliki pasang surut tinggi. Echosounder menghitung kedalaman air laut dengan memancarkan getaran akustik melalui transducer dan memantulkan gema. Kedalaman air dihitung pada waktu tempuh dua arah dari kecepatan suara dalam air. Pada saat kapal bergerak, sebuah SBES (Single Beam Echo Sounder) terus mendeting pada permukaan laut dengan suara yang bergetar dan menghasilkan cetakan dari kedalaman bawah kapal.

Dengan menggunakan pengukuran Bathymetri bisa dilakukan dengan beberapa metode, diantaranya adalah menggunakan Theodolit, Electronic Data Measurement (EDM) atau yang lebih teliti menggunakan Geographic Positioning System (GPS) sebagai alat ukut jarak jauh. Sedangkan untuk mengukur kedalaman air menggunakan Echosounder beserta alat bantu lainnya.

 

Fungsi dari Alat Echosounder

Dibawah ini akan kami uraikan fungsi echosounder di kapal atau Apakah fungsi dari echosounder di kapal:

  1. Untuk mengidentifikasi jenis komponen yang ada di bawah laut (Sub bottom Profilers). 
  2. Mengukur kedalaman air laut. 
  3. Seabed Mapping (Pemetaan Dasar Laut). 
  4. Penentuan kabel dan jalur pipa untuk di bawah laut. 
  5. Pencarian kapal karam yang terbengkalai di dasar lautan. 
  6. Analisis Dampak Lingkungan (AMDAL) di dalam laut.

 

Jenis-Jenis Echosounder

1.    Single Beam

Single beam echo sounder ialah peralatan untuk mengukur kedalaman air laut yang memakai pancaran tunggal sebagai penerima dan pengirim sinyal gelombang suara. Survei hidrografi memakai metode single beam untuk tujuan pemetaan dasar, supaya didapatkan data yang terjamin akan kualitasnya. Penggunaan metode single beam pada echosounder disebabkan karna cara ini yang paling sering dipakai di Indonesia pada saat ini.

2.    Split Beam

Split beam merupakan Metode yang dikembangan dari metode dual beam yang memiliki banyak kelemahan terhadap noise. Metode Split beam menggunakan “receiving transducer” yang displit menjadi 4 (empat) kuadran. Gabungan dari 4 (empat) kuadran ini alam pemancaran secara simultan disebut “fullbeam” yang mengirim atau memancarkan gelombang suara. Masing-masing kuadran akan mendapat pantulan sinyal dari target. Selanjutnya, output digabung sehingga membentuk suatu “fullbeam” atau dua set split beam. Target tunggal diisolasi dengan keluaran dari fullbeam, posisi sudut dihitung dari kedua set split beam. Cara kerja dari split beam ialah mencari beda fase dari echo signal yang diterima oleh dua belahan transducer. Split beam bisa mengukur masukan situ target strenght dengan akurat dan bisa mengukur posisi sudut dari setiap target yang terdapat didalam beam.

3.    Dual Beam

Dual-beam adalah Metode yang menggunakan koaksial balok yang lebar dan yang sempit,  pulsa ditransmisikan pada balok sempit dan gema diterima oleh kedua balok lebar dan sempit. Metode ini dapat mengoreksi pola direktivitas dengan memakai kedua gema sinar dari ikan yang sama, sehingga diperoleh nilai target strenghth yang akurat. Dalam system dual beam biasa, integrasi gema dibuat hanya untuk balok yang sempit (tidak untuk balok yang lebar).

4.    Kuasi Ideal Beam

Metode Quasi ideal beam mempunyai sensitivitas yang relative seragam dilobus utama pada balok dan sisi yang sangat rendah dilobus pada balok. Salah satu aspek yang menarik dari metode ini ialah bahwa 120 Khz, data didapat dengan quasi ideal, beam transducer dan pelacakan gema yang dipakai untuk isolasi target tunggal ikan.

 

Sistem Pengoprasian / Cara Kerja Echosounder

Prinsip kerja echosounder yaitu pada transmiter terdapat transduser yang berfungsi merubah energi listrik menjadi energi suara. Kemudian suara yang diperoleh dikirim atau dipancarkan dengan frekuensi tertentu. Suara ini dikirim melalui medium air yang memiliki kecepatan rambat sebesar v=1500 m/s. Ketika suara yang dipancarkan mengenai objek, misalnya ikan dll. maka suara ini akan dipantulkan. Sesuai dengan sifat gelombang yaitu ketika gelombang mengenai suatu penghalang dapat diserap, dibiaskan dan dipantulkan, maka hal yang sama pun terjadi pada gelombang ini.

Selain dipakai untuk mencari posisi ikan, peralatan ini juga dipakai untuk mengetahui kedalaman air laut dan bisa juga dipakai untuk studi perikanan, yaitu untuk mengetahui keberadaan atau distribusi, ukuran, tingkah laku dari hewan dan tumbuhan.

Cara Pemakaian :

  1. Pasang alat kemudian cek keadaan alat tersebut sebelum melakukan pengambilan data. 
  2. Pastikan display dan kabel single beam sudah terpasang. 
  3. Pasang antena, jika dibutuhkan input satelit GPS. 
  4. Masukkan single beam kedalam air. 
  5. Set Skala kedalaman yang ditampilkan display. 
  6. Frekuensi yang akan digunakan adalah 50 Hz untuk laut dalam dan 200 Hz untuk laut dangkal atau dual untuk menggunakan keduanya. 
  7. Set input data air yaitu temperatur, tekanan air dan salinitas. 
  8. Pengambilan data. 
  9. Pemrosesan data.

 

 

 

Tidak lupa kami ucapkan selamat hari pendidikan Nasional, berhubung artikel ini dibuat bertepatan dengan hari pendidikan nasional. Semoga pendidikan semakin maju dan berkembang. Sekian artikel tentang echosounder adalah, echo sounder adalah alat untuk mengukur, fungsi echosounder di kapal, Apakah fungsi dari echosounder di kapal?, jenis-jenis echosounder, Getaran jenis apa yang dipancarkan oleh transducer perum gema? dan Bagaimana cara kerja echosounder?. pada artikel echosounder part 2 akan kami bahas echosounder kapal, fungsi transducer pada echo sounder, cara kerja echosounder, echosounder digunakan untuk, Apa kegunaan dari echosounder?, Apa yg dimaksud dengan echosounder?, bagian bagian echosounder, Jelaskan secara rinci apa itu Echo Sounder dan fungsinya?. semoga artikel ini bermanfaat. Stay terus di web  kami www.safety-marine.com  Terima kasih.

 

Posting Komentar untuk "ECHOSOUNDER DI KAPAL | 9 CARA KERJA ECHOSOUNDER"