Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

MENGENAL GMDSS DI KAPAL | 7 FUNGSI SISTEM GMDSS YANG HARUS ANDA KETAHUI

 

MENGENAL GMDSS DI KAPAL | 7 FUNGSI SISTEM GMDSS YANG HARUS ANDA KETAHUI, Apa itu kapal GMDSS?, gmdss area a1, a2, a3 a4, fungsi gmdss, fungsi gmdss di kapal, Manakah dari fungsi GMDSS?, Apa fungsi dari GMDSS?, Apa saja peralatan GMDSS?, Apa saja yang termasuk GMDSS?, Peralatan apa yang dapat digunakan untuk menerima informasi keselamatan maritim?, peraturan gmdss, materi gmdss

GMDSS (Global Maritime Distress Safety System)


Selama abad ke-18, kapal-kapal yang berlayar di perairan internasional dan pesisir bergantung pada kode morse untuk mengirim segala jenis sinyal marabahaya kepada otoritas pesisir kapal-kapal di sekitarnya selama keadaan darurat. Karena itu adalah transmisi informasi tekstur menggunakan nada atau lampu, pesan tidak pernah jelas untuk memahami keadaan darurat apa yang ada di kapal. Oleh karena itu, prosedur keselamatan yang disepakati secara internasional diadopsi oleh IMO di bawah SOLAS IV yang dikenal sebagai Global Maritime Distress Safety System (GMDSS).

Apa itu kapal GMDSS? GMDSS (Global Marine Distress Safety System) adalah system komunikasi yang terintegrasi dengan menggunakan satelit. Alat ini dikembangkan oleh IMO (International Maritime Organization) bertujuan untuk menerima dan mengirim tanda bahaya, dan untuk komunikasi. Apa saja peralatan GMDSS? Atau Apa saja yang termasuk GMDSS? GMDSS terdiri dari beberapa peralatan yaitu : VHF (Very High Frequency), HF (High Frequency), MF (Medium Frequency), NAVTEX, Inmarsat C, NBDP (Narrow Band Direct Printing), EPIRB, dan SART 9 Ghz.


Sistem GMDSS mempunyai beberapa fungsi yaitu:

  1. Alerting berfungsi untuk pemberitahuan marabahaya yang cepat agar dapat mengadakan suatu pertolongan dengan segera. 
  2. Search and Rescue Coordinating berfungsi untuk koordinasi antar unit – unit yang berpotensi SAR. 
  3. On Scane Communication berfungsi untuk komunikasi di lokasi musibah antar unit - unit yang ikut dalam operasi pertolongan. 
  4. Locating Signal berfungsi untuk memudahkan penentuan posisi penyelamatan. 
  5. Dissemination of Maritime Safety Information berfungsi sebagai penyiaran yang berkaitan dengan informasi keselamatan pelayaran. 
  6. General Radio Communication berfungsi untuk komunikasi dari kapal ke suatu jaringan radio di darat yang berhubungan dengan keselamatan. 
  7. Bridge to Bridge Communication berfungsi untuk antar kapal dari anjungan yang berhubungan dengan penyelamatan 

 

GMDSS dan Kegunaannya

Pada tanggal 1 Februari 1999, GMDSS yang diimplementasikan secara penuh mulai terlihat. Itu adalah standar yang ditetapkan untuk penggunaan protokol komunikasi, prosedur dan peralatan keselamatan yang akan digunakan pada saat situasi marabahaya oleh kapal. Di bawah GMDSS semua kapal penumpang dan kapal kargo di atas 300 GT yang terlibat dalam pelayaran di perairan internasional harus membawa peralatan sesuai GMDSS. Ketika sebuah kapal menggunakan GMDSS, pada dasarnya mengirimkan sinyal marabahaya melalui satelit atau peralatan komunikasi radio. GMDSS juga digunakan sebagai media untuk menerima dan mengirim informasi keselamatan maritim serta saluran komunikasi umum.

Dalam kerangka GMDSS, ada wilayah laut yang berbeda untuk mengalokasikan peralatan kerja di wilayah masing-masing. Mereka adalah sebagai berikut:

  • Area (A1), Rentang 20 hingga 50 NM, Peralatan VHF DSC. 
  • Area (A2), Rentang 50 hingga 400 NM, Peralatan VHF + MF. 
  • Area (A3), Rentang 70' LU hingga 70' S, Peralatan VHF + MF + Satu INMARSAT. 
  • Area (A4), Rentang Di Atas 70' LU hingga 70' S, Peralatan HF + VHF + MF.

MENGENAL GMDSS DI KAPAL | 7 FUNGSI SISTEM GMDSS YANG HARUS ANDA KETAHUI, Apa itu kapal GMDSS?, gmdss area a1, a2, a3 a4, fungsi gmdss, fungsi gmdss di kapal, Manakah dari fungsi GMDSS?, Apa fungsi dari GMDSS?, Apa saja peralatan GMDSS?, Apa saja yang termasuk GMDSS?, Peralatan apa yang dapat digunakan untuk menerima informasi keselamatan maritim?, peraturan gmdss, materi gmdss
Peraturan gmdss Jika digunakan dalam keadaan darurat, GMDSS digunakan untuk koordinasi di tempat kejadian antara kapal penyelamat dan unit pencarian dan penyelamatan. Persyaratan IMO untuk transceiver kapal penyelamat adalah sebagai berikut:

  1. Dapat dioperasikan oleh personel yang tidak terampil. 
  2. Transmisi dan penerimaan pada 156,8 MHz (Saluran 16) dan 156,3 MHz (Saluran 6).
  3. Tahan jatuh 1 meter. 
  4. Kedap air hingga kedalaman 1 meter selama 5 menit. 
  5. Daya minimum 0,25 watt. 
  6. Sakelar pengurangan daya tersedia.
  7. Antena harus omni-directional dan terpolarisasi vertikal. 
  8. Kapasitas daya baterai selama 8 jam (nikel kadmium baterai lithium)

 

 

 

Sekian artikel tentang Materi GMDSS di Kapal Laut, semoga bermanfaat. Simak terus artikel dan informasi terbaru di web kami www.safety-marine.com  Terima kasih.

 

Post a Comment for "MENGENAL GMDSS DI KAPAL | 7 FUNGSI SISTEM GMDSS YANG HARUS ANDA KETAHUI"