Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

JENIS - JENIS MESIN DIESEL KAPAL

JENIS - JENIS MESIN DIESEL KAPAL, Apa saja mesin penggerak utama di atas kapal?, Apa itu mesin diesel kapal?, Apa itu main engine pada kapal?, Jelaskan apa yang dimaksud dengan mesin penggerak?, jenis jenis mesin diesel kapal, jenis mesin kapal nelayan, mesin penggerak kapal, jenis mesin penggerak, sebutkan bagian-bagian dari mesin penggerak kapal jenis diesel, pengertian mesin kapal, mesin utama kapal, spesifikasi mesin kapal

Jenis Jenis Mesin Diesel - Pada tahun 1892 seorang yang bernama Rudolph Diesel membangun sebuah mesin yang memiliki dua jenis yaitu mesin 2 stroke dan mesin 4 stroke. Mesin ini dapat beroperasi dengan menyalakan bahan bakal di dalam silinder yang berisi piston yang nantinya piston akan mengubah energi panas menjadi dorongan kerja untuk mesin. 

Mesin diesel pertama kali dipasangkan pada sebuah kapal penjelajah samudera asal Selandia pada tahun 1912. Menurut Federasi ilmuwan di Amerika, mesin diesel telah muncul sebagai komponen penting dari tenaga penggerak Angkatan Laut AS.

Bagi kamu yang penasaran mengenai jenis-jenis mesin diesel pada kapal laut kamu bisa mengikuti pembahasan kali ini, karena kami akan menyajikan penjelasan lengkap mengenai hal tersebut. Penasaran? Yuk Simak!.

Jenis Jenis Mesin Diesel

JENIS - JENIS MESIN DIESEL KAPAL, Apa saja mesin penggerak utama di atas kapal?, Apa itu mesin diesel kapal?, Apa itu main engine pada kapal?, Jelaskan apa yang dimaksud dengan mesin penggerak?, jenis jenis mesin diesel kapal, jenis mesin kapal nelayan, mesin penggerak kapal, jenis mesin penggerak, sebutkan bagian-bagian dari mesin penggerak kapal jenis diesel, pengertian mesin kapal, mesin utama kapal, spesifikasi mesin kapal

Hampir semua kapal menggunakan mesin diesel untuk menjalankan sistem dalam kapal, selain mendapatkan kecepatan yang tinggi keuntungan lain juga ada pada efisiensi termal daya jelajah yang rendah. 

Setelah kamu mengetahui beberapa keuntungan pada mesin diesel, mungkin beberapa dari kamu penasaran mengenai seberapa besar mesin diesel pada kapal? Pada umumnya mesin diesel 14 silinder memiliki tinggi 13,5 meter dan panjang 16.59 cm, beratnya lebih dari 2.300 ton dengan bobot yang sangat berat tersebut mesin diesel dapat menghasilkan 107.390 hp. Dibawa ini kami akan memberikan jenis jenis mesin diesel berdasarkan pengaturan silindernya.

Mesin Diesel Silinder Satu Garis

Mesin diesel silinder satu garis ini memiliki satu buah silinder, dilengkapi dengan satu piston, satu batang penghubung, satu roda keseimbangan, adn dua katup. Mesin ini memiliki komplikasi multi silinder yang lebih besar.

Cara kerja dari jenis mesin ini memberikan satu langkah daya dalam dua putaran penuh poros, dengan keuntungan bobotnya yang lebih ringan dibandingkan dengan mesin lainnya.

Mesin Diesel Pengaturan -V

Jenis jenis mesin diesel selanjutnya yaitu memiliki silinder yang lebih besar dari sebelumnya, mesin ini umumnya memiliki delapan silinder lebih. Umumnya mesin ini memiliki sudut antara silindernya 40 dan 70 derajat.

Mesin Diesel Radial

Mesin radial merupakan jenis jenis mesin diesel yang memiliki konfigurasi dengan pembakaran internal tipe reciprocating dimana letak silinder keluar dari bak mesin pusat seperti jari-jari roda. Umumnya mesin ini digunakan karena memiliki keunggulan turbin gas menjadi lebih dominan.

Sebagian besar mesin radial menggunakan katup poppet overhead yang digerakkan oleh pushrod dan pengangkat pada pelat bubungan yang konsentris dengan poros engkolm dengan beberapa radial yang lebih kecil, menggunakan masing-masing poros bubungan di dalam bak mesin untuk masing-masing silinder. Beberapa mesin menggunakan katup lengan

Mesin Diesel Datar

Kamu bisa menemukan jenis mesin diesel ini pada bus atau truk.

Unit Mesin Diesel Jamak

Untuk menghasilkan mesin dengan daya yang sangat tinggi biasanya akan berdampak pada bertambahnya bobot ukuran mesin tersebut. Namun, dengan mengkombinasikan empat silinder atau delapan silinder serta dibuat dalam satu kesatuan, menghubungkan antara tiap mesin pada poros penggerak utama dibarengi dengan kopling atau roda gigi.

Mesin Diesel Torak Berlawanan

Terakhir jenis jenis mesin diesel ini memiliki susunan roda gigi yang digunakan untuk mengurangi putaran mesin kecepatan sedang ke putaran baling-baling yang sesuai. Dimana gearbox digunakan dengan mesin diesel, gigi mundur dapat dimasukkan sehingga mesin itu sendiri tidak terbalik. Nantinya, baling-baling pitch dapat dengan mudah dikontrol ketika sedang digunakan.




Itulah beberapa jenis jenis mesin diesel yang perlu kamu ketahui, semoga dengan adanya artikel ini dapat memberikan manfaat dan solusi untuk para pembacanya. Kami menerima kritik dan saran dari kamu, silahkan tinggal di kolom komentar.

Post a Comment for "JENIS - JENIS MESIN DIESEL KAPAL"