Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

RADIO KOMUNIKASI KAPAL LAUT

RADIO KOMUNIKASI KAPAL LAUT, APA ITU RADIO VHF LAUT, Channel 16 frekuensi berapa?, Apa itu MF dan HF?, Apa fungsi radio di kapal?, Perlengkapan perlengkapan komunikasi di laut meliputi apa saja?, frekuensi radio kapal laut, radio kapal nelayan, contoh komunikasi antar kapal dalam bahasa inggris, komunikasi dan isyarat kapal, sebutkan cara berkomunikasi di atas kapal dan jelaskan, akibat yang sering terjadi pada sebuah kapal bila tidak dilengkapi dengan alat komunikasi, sebutkan dan jelaskan alat komunikasi di atas kapal minimal 3, contoh komunikasi antar kapal dalam bahasa indonesia

APA ITU RADIO VHF LAUT

Radio Komunikasi Kapal Laut - Apa itu “Radio VHF Laut”? Meskipun tidak diperlukan pada kapal rekreasi dengan panjang di bawah 65,5 kaki. Radio keluatan Frekuensi Sangat Tinggi atau VHF merupakan salah satu alat komunikasi kapal laut yang memungkinkan komunikasi instan antara satu kapal dengan kapal lainnya.

Seberapa jauh radio jarak maksimal yang bisa digunakan pada radio VHF? Radio komunikasi kapal laut ini sangatlah penting dalam berbagai kondisi terutama pada kondisi darurat. Biasanya pelaut sering memasang radio dengan batas legal 25 watt dan, tergantung pada ketinggian antena, biasanya dapat mencapai jarak komunikasi sejauh 60 mil atau lebih.

Kebanyakan radio VHF di pasaran saat ini memiliki lebih dari 20 hingga 25 saluran yang dapat digunakan. Selain saluran laut AS, ada juga saluran internasional dan Kanada, yang semuanya standar dengan banyak unik baru di pasaran. Saluran terpenting di radio VHF adalah 13, 16, 19, 22, dan 70.

Jika kamu ingin mengetahui lebih dalam mengenai jenis radio komunikasi kapal laut dan cara menggunakannya. Simak pembahasan berikut sampai habis!
Jenis - Jenis Radio Komunikasi Kapal Laut

1. Handheld VHF Radios

Sebuah radio VHF genggam merupakan suatu keharusan bagi pengguna kapal laut baik itu kapal kecil maupun besar. Untuk jangkauan radio genggam ini memiliki jarak tiga hingga delapan mil dari perahu kecil, dibandingkan dengan 15 hingga 20 mil dengan radio pemasangan.

2. Fixed-Mount VHF Radios

VHF mount merupakan radio komunikasi kapal laut yang harus ada alat ini tetap bekerja sama halnya dengan vhf genggam tetapi vht ini dipasang secara permanen pada kapal. Terdapat dua bagian terpisah yaitu radio itu sendiri dan antena untuk menyebarkan sinyal.

3. AIS Transponders & Antennas

Radio komunikasi kapal selanjutnya, yaitu AIS (automatic identification system. Perangkat AIS terdiri dari penerima GPS dan unit radio data. Sistem AIS memungkin kapal di seluruh dunia untuk mengidentifikasi satu sama lain dan mentransfer informasi penting ke kapal lain, tetapi juga ke stasiun darat dan pusat lalu lintas di pantai. Untuk memastikan bahwa data AIS dapat digunakan di seluruh dunia, International Telecommunication Union telah menetapkan jenis pesan standar atau telegram yang harus dapat diterima atau dikirim oleh setiap sistem AIS, asalkan jenis perangkat tersebut mampu menerima telegram masing-masing. Jenis telegram yang paling dalam kehidupan sehari-hari adalah data kapal, posisi, kecepatan, dan haluan.

4. Satelite & TV Antennas

Antena atau antena TV satelit adalah bentuk radio yang disebut reflektor parabola antena. Antena jenis ini digunakan karena antena Yagi yang sering digunakan untuk aplikasi antena televisi terestia tidak terlalu cocok.

5. Cellular Antennas

Cellular Antennas merupakan radio komunikasi kapal laut ini sangatlah penting, Antena di situs penyiaran seluler adalah sumber yang menghasilkan radiasi gelombang radio yang ditransmisikan ke seluruh wilayah setiap sel seluler yang dilayani. Antena ini dirancang untuk menyediakan transmisi dan penerimaan dari telepon seluler.

6. VHF Accessories

Seperti pada namanya, radio komunikasi kapal ini memang diperuntukan untuk aksesoris pada VHF, bagi kamu yang belum tahu mengenai fungsi vhf yaitu untuk komunikasi dua arah yang digunakan untuk mentransfer dan menerima pesan. Namun, fungsi terpenting radio vhf kelautan adalah sangat membantu dalam hal mengirimkan sinyal marabahaya melintasi saluran ke penjaga pantai dan kapal serta kapal lain di pinggiran.

7. Antenna dan Coaxial Accessories

Radio komunikasi kapal laut ini dibuat khusus dengan pelindung logam dan komponen lain yang dirancang untuk memblokir gangguan sinyal.

8. Antenna Mounts

Bracket pemasangan dirancang untuk menyatukan item, paling sering pada sudut yang tepat satu sama lain. Bracket dapat berupa ulir atau non ulir berengsel, atau blok pemasangan dengan bentuk L pendek, L tinggi, turus, balok, atau Z yang terbuat dari aluminium atau kuningan.

 



Itulah beberapa radio komunikasi kapal yang perlu kamu ketahui, semoga dengan adanya artikel ini dapat bermanfaat serta memberikan solusi bagi para pembaca. Kami menerima semua kritik dan saran pada di kolom komentar.

Post a Comment for "RADIO KOMUNIKASI KAPAL LAUT"